Desaku

Ciri Khas Jambuwer


Jambuwer merupakan desa yang berada di kecamatan kromengan,kabupaten malang,jawa timur. Tanah abu-abu kecoklatan bertekstur seperti lempung merupakan jenis tanah yang umum ditemui di desa Jambuwer. Di desa ini merupakan wilayah yang berbukit,karena berada di lereng gunung. Desa jambuwer terbagi menjadi 5 Dusun yakni,Dusun Krajan,Dusun Glagaharum,Dusun Bulupogog,Dusun Cakru’an Klopo Kuning,dan Dusun Rekesan. Desa Jambuwer memiliki komoditas pertanian padi,jagung,kopi,ubi. Namun tanaman padi dan jagung sebagai komoditas utama masyarakat jambuwer.
Salah satu keunikan desa Jambuwer yang tidak ditemui didaerah lain adalah besarnya potensi perikanan yang berada di dusun Rekesan. Tak heran jika dusun rekesan desa jambuwer ini dikenal oleh masyarakat luas akan hasil perikanannya dan menjadikannya sebagai pusat perikanan di kecamatan kromengan. Tak sedikit juga masyarakat desa jambuwer yang mempasarkan ikan-ikan di sebuah pasar yang biasa orang menyebut “Pasar Iwak”. Khususnya ibu-ibu yang banyak tersebar di pasar tersebut yang menjualkan ikan-ikan segar. Banyak masyakrakat luar yang turut menyerbu pasar ini untuk membeli ikan-ikan segar yang diperjualkan.  
Namun,selain berhasil dalam hal perikanan,desa jambuwer juga memiliki chiri khas kopi,yaitu “Kopi Merah Jambuwer”. Kopi merah jambuwer merupakan merk kopi olahan warga masyarakat desa jambuwer yang tergabung dalam Gapoktan Mekartani. Kopi merah diproduksi dari tanaman kopi yang ada didesa jambuwer jenis kopi robusta tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna sehingga menghasilkan rasa kopi yang original.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekul

Teknologi

Jas Merah Kampus Putih, Love UMM